Tuesday, April 14, 2015

Stasiun Luar Angkasa Miliki Mesin Pembuat Kopi

Channel Kopi - Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) dilaporkan akan memiliki sebuah mesin pembuat kopi. Hal itu supaya para astronot di sana dapat istirahat minum kopi untuk meningkatkan semangat.

Hal itu disampaikan SpaceX, salah satu pesawat ruang angkasa yang bertugas mengantarkan berbagai alat-alat baru yang dibutuhkan di ISS. Pesawat SpaceX merupakan pesawat yang dibuat oleh salah satu perusahaan di California, Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (13/4/2015), ide untuk membuat mesin pembuat kopi itu awalnya berangkat dari sebuah keluhan salah satu astronot di ISS bernama, Samantha Cristoforetti. Ia merupakan astronot asal Italia.

Suatu ketika Samantha rindu ingin menikmati kopi espresso di tengah kesibukannya di ISS. Keluhannya kemudian terdengar pihak ISS, dan di sampaikan ke National Aeronautics and Space Administration (NASA).

NASA kemudian merespons dan mesin pembuat kopi untuk ISS itu saat ini tengah dalam proses pembuatan. SpaceX dikabarkan akan sampai di ISS pada Januari 2016 untuk mengantarkan mesin tersebut.

Mesin pembuat kopi espresso yang dijuluki ‘ISSpresso’ itu dibuat khusus oleh Perusahaan Mesin Argotec, perusahaan pembuat kopi, Lavazza, dan bekerjasama dengan Badan Antariksa Italia. Dalam sebuah gambar, terlihat desain sementara ‘ISSpresso’.

Nantinya, para astronot di ISS dapat meminum kopi dari sebuah kemasan plastik dengan menggunakan sedotan.

No comments:

Post a Comment