Tuesday, April 14, 2015

Sederet Manfaat Minuman Kopi

Channel Kopi - Siapa yang tidak mengenal minuman kopi? Minuman yang selalu cocok menjadi teman begadang atau tidur larut malam, rasanya yang pahit dan aromanya yang nikmat mampu membuat mata tak terpejam semalaman. Pada saat pagi hari pun kopi cocok disajikan sebagai pendamping makan roti. Zat-zat yang terkandung pada kopi memiliki bnayak manfaat bagi kesehatan manusia. Seperti kandungan Kafein yaitu senyawa kimia alkoid yang dikenal sebagai trimetilsantin. Jumlah kandungan zat kafeinyang terdapat pada kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstrasi biji tanaman kopi. Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu kopi arabika (kualitas terbaik) dan kopi robusta. Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di Benua Afrika. Kopi kemudian berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dilansir dari webkesehatan.com walaupun kopi tidak diaktegorikan sebagai makanan/minuman kesehatan, tidak sedikit penelitian yang telah mengungkapkan bahwa minum kopi, bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari, memiliki manfaat bagi kesehatan. National Cancer Institute melakukan penelitian yang melibatkan 400 ribu orang dan disimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki risiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Berikut tiga dari banyak manfaat kopi untuk kesehatan.

1. Kopi mencegah penyakit batu empedu

Peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi dalam sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Serupa untuk pria.

2. Kopi dapat mencegah depresi

Dalam “Archives of Internal Medicine” perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.

3. Kopi dapat meningkatkan memori

Sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita berusia 65 tahun atau lebih yang rutin meminum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari, memiliki performa lebih baikd alam tes memori. Berbanding terbalik dengan mereka yang hanya minum satu cangkir sehari.

Diakui oleh Kezia (21), seorang pelajar kelas 3 SMA ini terkadang ia mengkonsumsi kopi untuk mnegerjakan tugas sampai malam hari dan kopi berfungsi untuk menahan kantuknya ketika ingin mengerjakan tugas hingga larut malam.

No comments:

Post a Comment