Wednesday, April 29, 2015

Menikmati Kopi Dengan French Press

Channel Kopi - Banyak cara untuk menikmati secangkir kopi. Dari sekian banyak metode seduh kopi, sampai saat ini metode French Press masih menjadi salah satu andalan menikmati segelas kopi hitam segar.

Menyeduh kopi dengan teknik French Press adalah salah satu cara termudah bagi pemula. Alat untuk metoda ini merupakan alat yang paling banyak digunakan orang di dunia setelah Automatic Drip Coffee.

Kunci untuk mendapatkan rasa enak dengan menggunakan French Press tentu saja terletak pada kualitas biji kopi yang digunakan, yaitu biji kopi harus digiling di tingkat yang kasar sehingga bubuk yang dihasilkan tidak terlalu halus. Selain itu, harus diperhatikan juga untuk lama penyeduhannya, sekitar 3-4 menit untuk menghasilkan citarasa terbaik.

Metoda French Press memang tidak memakai teknologi canggih namun tetap bisa menghasilkan secangkir kopi yang tidak kalah nikmatnya.

Ingin membuat kopi menggunakan metode French Press ? Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1

Giling biji kopi menggunakan grinder kemudian atur ukuran gilingan ke ukuran paling kasar.

Langkah 2

Atur rasio antara kopi dan air terlebih dahulu. Gunakan timbangan digital karena Anda dapat melakukan riset terhadap rasio mana yang pas sesuai selera Anda.

Langkah 3

Masukan bubuk kopi yang telah Anda giling ke dalam tabung. Seyogianya Anda menyiram tabung dengan air panas terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan tabung benar-benar terbebas dari debu, atau bekas bubuk kopi sisa penggunaan sebelumnya yang dapat merusak citarasa kopi.

Langkah 4

Tuangkan air panas ke dalam tabung. Suhu yang ideal untuk metoda French Press adalah 90-95 °C. Jadi pastikan pula Anda memiliki termometer untuk mengetahui suhu airnya.

Langkah 5

Setelah air dituangkan, aduk kopi selama 30 detik. Setelah mengaduk, tutup tabung kemudian diamkan selama 4 menit.

Langkah 6

Setelah 4 menit, tekan plunger secara perlahan. Apabila Anda merasa lebih berat ketika menekan plunger, berarti ukuran bubuk kopi Anda masih terlalu halus.

Langkah 7

Setelah filer plunger sampai di dasar tabung, artinya pekerjaan telah selesai. Sekarang, Anda hanya tinggal menikmati minuman kopi.

Kopi Tubruk Pertahankan Tradisi

Kopi Tubruk adalah salah satu jenis penyajian minuman kopi asli dari Indonesia yang dibuat dengan cara mendidihkan air kemudian mencampurkan bubuk kopi bersama gula. Terkait kepekatannya, kopi tubruk memiliki kesamaan dengan kopi yang dihasilkan dengan menggunakan metoda yang biasa digunakan bangsa Arab.

Ya, sejarah kopi tubruk ini memang berasal dari resep yang dibawa pedagang dari Timur Tengah ke Indonesia. Kopi tubruk, di Timur Tengah disebut dengan kopi lumpur. Variasi lain dari penyajian kopi tubruk adalah dengan menambahkan susu kental manis. Dan untuk membuat kopi tubruk yang benar, sangatlah mudah.

Karena kemudahan dalam cara penyajiannya, Kopi Tubruk pun menjadi metoda yang paling disukai orang Indonesia. Namun, dibalik kemudahannya, anda perlu tahu bahwa ada beberapa trik yang harus anda terapkan agar kopi tubruk yang anda ciptakan terasa jauh lebih nikmat.

1. Air Panas

Kualitas air yang dipakai untuk menyeduh kopi tubruk berpengaruh pada rasa kopi. Gunakan air mineral. Semakin tinggi kadar mineral pada air maka semakin kaya rasa kopi karena ekstraksi yang terjadi. Agar aroma dan rasa kopi lebih kuat, air juga harus terbebas dari kontaminasi, bau dan memiliki tingkat keasaman (pH) antara 6,5 - 7,5. Gunakan air panas agar ampas kopi tidak mengambang di permukaan. Namun jangan pakai air mendidih karena kopi akan terekstrak terlalu banyak dan bercitarasa pahit. Air panas yang tepat untuk kopi tubruk bersuhu 90-95 derajat Celcius. Bila tak ada termometer, masak air sampai mendidih lalu matikan api. Tunggu 2-4 menit sampai suhu air turun.

2. Takaran Kopi

Pakailah rumus dasar 1:15 di mana satu gram kopi bubuk diseduh dengan 15 ml air. Agar aroma dan rasa kopi lebih nikmat, gunakan kopi yang baru digiling. Hasil penggilingannya sedang, tidak terlalu kasar atau halus.

3. Penyeduhan

Tuangkan air panas sebanyak 150 ml ke cangkir berisi sekitar 2 sendok teh kopi (10 gr). Sebaiknya gunakan cangkir berbahan keramik atau kaca agar panas air tidak terserap cangkir. Tambahkan gula bila perlu. Lalu, aduk kopi secara perlahan dan searah, sebaiknya pengadukan dilakukan paling banyak lima putaran. Lalu diamkan kopi selama 3-4 menit tanpa diaduk dan kopi tubruk siap dinikmati.

1 comment: