Friday, March 27, 2015

Ini Kaitan Kopi dan Kesehatan

Channel Kopi - Jutaan orang di dunia diperkirakan menyukai kopi. Bahkan bagi sebagian orang, minum secangkir kopi seraya membaca surat kabar merupakan ritual wajib di pagi hari.

Para ahli yakin bahwa kopi baik bagi kesehatan. Kopi diketahui sebagai stimulan yang kuat dan membantu meningkatkan kinerja dalam kegiatan fisik dan mental. Kopi juga berfungsi sebagai pendorong tenaga.

Berikut ini beberapa hal terkait kopi dan kesehatan:

* Menjaga kesehatan kulit

Kopi dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dengan berbagai cara. Selain mencegah kanker kulit dan penyakit yang terkait melanoma, kopi juga memiliki antioksidan yang dapat membantu mengurangi masalah kulit. Kopi menghilangkan radikal bebas di kulit seperti mengurangi timbulnya masalah kulit terkait jerawat dan eksim.

Kopi dapat menjadi krim tabir surya yang efektif mencegah kulit terbakar dan keriput. Kopi juga membantu mengobati peradangan kulit, mengurangi lingkaran di bawah mata dan membantu mengurangi selulit.

* Kopi organik

Kopi dapat dibudidayakan dengan menggunakan metode organik. Tanaman kopi ditanam dengan bantuan organisme tanah alami untuk mempertahankan pertumbuhannya. Dengan demikian, nutrisi berharga yang dibutuhkan untuk melestarikan biji kopi dipertahankan sehingga menambah manfaat kesehatannya. Selain itu, kopi organik diproduksi tanpa menggunakan pertisida dan bahan kimia lainnya.

* Manfaat berlimpah

Kopi yang dibuat dari biji kopi organik mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bekerja sebagai stimulan, itu dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit asma. Itu juga mengurangi risiko kanker usus besar. Kopi organik pun mengandung banyak antioksidan. "Menggunakan biji kopi organik lebih baik daripada menggunakan kopi biasa karena lebih sehat dan tidak mengandung bahan berbahaya. Kopi itu juga memiliki rasa yang lebih enak karena memiliki cita rasa yang  tinggi," kata Unnamali Thiyagarajan, ahli kopi organik.

Namun, kopi juga dapat berdampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. "Seseorang dapat minum hanya dua sampai tiga cangkir kopi sehari. Terlalu banyak kopi tidak baik bagi kesehatan," kata Unnamalai.

No comments:

Post a Comment