Sunday, March 15, 2015

5 Fakta Tentang Kopi

Channel Kopi - Bagaimana seharusnya menyimpan kopi agar kopi tidak berubah kualitasnya? Air mendidih atau air hangat yang sebaiknya digunakan untuk menyeduh kopi? Aga, barista dari Tanamera Coffee memaparkan 5 fakta tentang kopi saat acara GH Experience awal Maret lalu. Wajib diperhatikan oleh Anda para pencinta kopi.

1. Kopi memiliki sifat menyerap bau. Maka hindari menyimpan kopi bersama barang-barang lain yang memiliki bau agar aroma dan kualitas kopi tidak berubah. Selain itu, pastikan menyimpan kopi dalam wadah tertutup.

2. Tinggalkan air kran! Kualitas air menentukan kualitas kopi saat disajikan. Hindari menyeduh kopi dengan air yang diambil langsung dari kran. Pilih air khusus untuk diminum.

3. Jangan seduh kopi dengan air mendidih! Suhu air yang pas untuk menyeduh kopi maksimal sekitar 96 derajat celcius. Cara yang mudah untuk menentukan suhu tersebut adalah dengan mendiamkan air selama 3 menit setelah mendidih.

4. Segera angkat ampas kopi. Jangan membiarkan ampas kopi berada di dalam gelas terlalu lama. Segera saring kopi, maksimal setelah 4 menit diseduh. Ampas kopi yang terlalu lama berada di dalam gelas akan membuat kopi terasa semakin pahit.

5. Kopi jenis Arabica memiliki kandungan kafein lebih rendah dibandingkan dengan jenis Robusta. Bagi Anda yang baru ingin mengenal kopi, disarankan terlebih dahulu mencoba kopi jenis Arabica.

No comments:

Post a Comment