Sunday, September 28, 2014

Orzo, Kopi Italia yang aman untuk Anak-anak dan Penderita Penyakit Jantung

channel kopi - Sebagian orang menghindari minum kopi karena alasan kesehatan. Kafein di dalamnya memang bisa menyebabkan jantung berdebar dan insomnia. Namun dengan minuman ini, mereka bisa merasakan kenikmatan kopi tanpa rasa was-was!

Minuman tersebut adalah 'caffe d'orzo' alias kopi barley dalam Bahasa Italia. Ya, minuman mirip kopi ini memang terbuat dari barleysangrai giling, sehingga tak mengandung kafein seperti kopi asli. Ternyata biji sereal tak hanya bisa dibuat pasta orzo!

Kopi orzo sudah menjadi tradisi Italia selama ratusan tahun. Minuman ini banyak digunakan selama periode Fasis dan perang karena Italia terkena dampak embargo dan tak bisa mengimpor kopi.

Kopi orzo juga jadi alternatif kopi murah bagi orang-orang miskin. Dulu, mereka menanam dan menyangrai barley sendiri, lalu membuatnya menjadi minuman.

Kini, kopi orzo sudah dijual dalam bentuk bubuk instan dengan berbagai merek di Inggris, Swiss, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Kopi orzo juga bisa diseduh layaknya kopi biasa di mesin espresso maupun alat pembuat kopi lain.

Rasanya mirip kopi, meski tak sama persis. Menurut orang-orang yang sudah mencobanya, aromanya seperti tanah dengan rasa terpanggang dan sedikit pahit.

Dibanding kopi biasa, kopi orzo memiliki bodi dan crema (buih di permukaan kopi) lebih tipis serta citarasa yang tak begitu kompleks. Namun, kebanyakan orang menyukai rasanya.

"Saat diseduh, warnanya agak lebih abu-abu dan gelap dibanding kopi. Ternyata rasanya seperti kopi decaf (kopi yang kandungan kafeinnya dikurangi) dengan sedikit rasasmoky.

"Suami saya Steve sangat menyukainya. Ia mengatakan akan dengan senang hati meminumnya di malam hari, ketika kopi biasa akan membuatnya terjaga semalaman," tulis Angela lewat situs Love Living Well.

Karena tak mengandung kafein, kopi orzo aman dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa yang menghindari konsumsi kafein untuk alasan kesehatan. Konsumsi barleypun disebut-sebut membantu menjaga kesehatan usus, kaya niacin yang dapat mencegah penyakit jantung, serta menghasilkan asam asetat yang baik untuk jantung dan otot.

Kami hadir di bbm channel "channel kopi" add pin C0049EB80

No comments:

Post a Comment