Tuesday, November 25, 2014

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Bukan Hanya Pengusir Kantuk

Channel Kopi - Manfaat kopi umumnya diketahui publik sebagai “obat ngantuk” atau pengusir kantuk. Mereka yang lelah, mengantuk, pasti minum kopi. Supir truk pantura yang matanya mulai “merem melek”, biasanya menepi untukngopi di warung. Sedianya kopi miliki segudang manfaat bagi kesehatan. Ini diantaranya.

Tahukah Anda jika di dalam kopi mengandung kafein, senyawa kimia alkonid yang dikenal sebagai trimetisantin. Jumlah kandungan kafein dalam kopi 1 – 1,5% sedangkan pada teg 1 – 4,8 persen. Pada istilah medis, kafein dipakai untuk perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam penggunaan dosis rendah, kafein bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit stamina dan penghilang sakit.

Menurut satu peneliti Amerika, kopi adalah sumber terbesar dari antioksidan. Jika dicampur dengan susu maka adalah cara sempurna untuk mendapatkan vitamin D dan kalsium. Tahukah Anda, menurut Asosiasi Kopi Nasional, 63% orang Amerika minum kopi setiap hari. Alasannya, 1 bungkus kopi mengandung magnesium, kalium, vitamin B, niacin, dan kolin.

Satu studi terkini menyebut jika risiko kanker hati, usus besar, prostat, ovarium, kanker mulut, karsinoma sel basal, stroke, dan penyakit jantung bisa turun bila mengonsumsi kopi. Selain itu, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, dan diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan kopi.

Riset lain dari Cornell University menyebut jika minum kopi bisa melindungi mata dari degenerasi retina akibat glukoma, penuaan, dan diabetes. Kopi juga baik untuk menjaga mood serta bisa menurunkan berat badan.

Harvard School of Public Health dalam satu studinya menemukan fakta jika orang yang minum 2 hingga 4 kopi sehari menurangi risiko bunuh diri hingga 50 persen. Kopi juga bisa membakar lemak dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4 persen. 

No comments:

Post a Comment