Thursday, December 4, 2014

Tips Memanfaatkan Ampas dan Bubuk Kopi

Channel Kopi - Anda yang biasa menikmati kopi di rumah, biasanya akan membuang ampas kopi begitu saja ke saluran pembuangan. Padahal, ampas kopi juga memiliki banyak khasiat, lho!

Sayangnya, sebagian besar orang belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan ampas dan bubuk kopi kering dalam kehidupan rumah tangga. Padahal ampas kopi ternyata bisa mempercantik perabot di rumah, bahkan segenggam bubuk kopi bisa digunakan untuk perawatan kecantikan.

Ingin tahu bagaimana memanfaatkan ampas dan bubuk kopi ? Berikut tipsnya!

1. Menyuburkan dan Mengilapkan Rambut 
Selama ini Anda mungkin bingung bagaimana cara mendapatkan rambut indah mengilap, padahal sudah bolak-balik ke salon dan mengeluarkan banyak uang namun tanpa hasil. Kini tak usah bingung lagi, cukup gunakan ampas kopi!

Tips super murah ini memang akan sedikit menambah rutinitas mingguan Anda di rumah. Namun percayalah, hasilnya akan langsung terasa setelah Anda mencobanya sendiri. Cukup campurkan segenggam ampas kopi ke kondisioner favorit di atas telapak tangan. Oleskan ke permukaan rambut dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih. Kopi dapat membantu pertumbuhan rambut dengan cepat.

2. Gunakan Sebagai Pupuk 
Jangan buru-buru membuang ampas kopi di dalam gelas. Jika ampas sudah mengering, campur sedikit dengan air, lalu siramkan ke dalam pot tanaman Anda atau tanaman yang ada di kebun atau pekarangan rumah.

Ampas kopi yang dijadikan sebagai pengganti pupuk ini memiliki tiga keunggulan utama untuk berkebun, yakni dapat menarik cacing ke luar permukaan tanah, membawa bahan organik ke dalam tanah, serta menciptakan mikroorganisme di dalam tanah yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman.

3. Menghapus Noda Gores pada Furnitur Kayu 
Kopi  merupakan tips paling sederhana namun ampuh untuk menghapus noda gores pada meja atau pun furnitur kayu lain. Cukup campurkan bubuk kopi, air hangat, dan cuka. Oleskan pada permukaaan kopi, niscaya perabot kayu Anda akan tampak seperti baru lagi dalam waktu singkat.

4. Menghilangkan Bau Tak Sedap 
Sebal lantaran kulkas berbau, atau ruangan dapur meninggalkan aroma tak sedap? Tak usah pusing, cara menghilangkannya sangat mudah. Gunakan saja bubuk kopi untuk menyerap bau! Taruh segenggam bubuk kopi dalam mangkuk kecil, lalu simpan di dalam kulkas atau sudut-sudut ruangan yang memiliki aroma tak sedap. 

No comments:

Post a Comment