Saturday, December 6, 2014

Minum Kopi Sebelum Beraktivitas Mampu Tingkatkan Memori


Channel Kopi - Kopi tidak hanya memiliki rasa yang khas dan nikmat. Jika dikonsumsi secara wajar dan teratur, dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Penelitian di Spanyol mengatakan, atlet yang mengonsumsi kafein tiga jam sebelum latihan mampu membakar 15 persen lemak lebih banyak ketimbang atlet yang hanya mengonsumsi plasebo. Penelitian ini diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism. 

Tak hanya itu, kopi memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi sebelum beraktivitas. Berikut ini ulasan yang dilansir dari situs Health, Selasa (2/12/2014).

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Penelitian di Jepang mempelajari bagaimana minum kopi sebelum beraktivitas mampu memengaruhi kelancaran sirkulasi darah seseorang. Para peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi kafein sebelum beraktivitas, mengalami peningkatan aliran darah sebanyak 30 persen dalam waktu 75 menit. Sebaliknya, peningkatan sirkulasi darah tidak ditemukan pada orang yang tidak mengonsumsi kopi sebelum bekerja.

2. Mengurangi nyeri 
Penelitian dari University of Illinois menemukan, minum kopi sebelum berolahraga mampu menghindarkan Anda dari cedera. Pasalnya, kopi membuat sirkulasi darah Anda lancar. Sirkulasi darah yang baik, mampu meningkatkan kerja otot dan menghindarkan Anda dari cedera.

3. Memori yang lebih baik
Sebuah studi yang diterbitkan John Hopkins University menemukan, kafein dapat meningkatkan memori seseorang. Para peneliti membagi dua kelompok untuk diteliti. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi kopi, memiliki kemampuan mengingat gambar yang lebih tajam dibanding mereka yang tidak.

4. Memiliki lebih banyak energi
Studi yang diterbitkan Journal of Applied Psychology menemukan, kafein meningkatkan 66 persen glikogen, empat jam setelah kopi dikonsumsi. Seperti diketahui, glikoken merupakan energi cadangan yang disimpan di dalam otot.

Meski memiliki beragam efek positif, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi. 2-4 cangkir merupakan dosis yang diperbolehkan dalam sehari. Pastikan pula untuk selalu mengonsumsi air putih agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi. 

No comments:

Post a Comment