Tuesday, December 2, 2014

Astronot di ISS Bisa Nikmati Kopi Espresso

Channel Kopi - Kopi Espresso mempunyai penggemar di seluruh dunia. Kini, produsen mesin kopi Italia telah membuat mesin yang bisa menghasilkan Espresso di tempat tanpa gravitasi, yakni di stasiun luar angkasa internasional ISS.

Banyak orang tak bisa membayangkan hidup tanpa kopi, dan bagi sebagian besar orang Italia, kopi berarti Espresso, minuman yang dibuat dengan mesin kopi khusus.

Ketika seorang astronot Italia bernama Samantha Cristoforetti mulai bertugas di ISS awal tahun ini, rekan-rekan di negaranya khawatir ia tidak bisa bertahan di sana selama enam bulan hanya dengan meminum kopi instan.

"Saya percaya kalau Anda bekerja sebagai seorang astronot, sebuah pekerjaan yang menuntut kemampuan untuk berpikir, merenung, dan penuh perhatian, Espresso sangat penting," kata seorang warga Italia.

Untuk membantu Cristoforetti dan astronot lain pencinta Espresso, produsen kopi yang berbasis di Torino, Lavazza, dan perusahaan teknik Argotec, yang mempunyai spesialisasi membuat makanan antariksa, bergabung untuk membuat mesin kopi yang bisa berfungsi di tempat tanpa gravitasi.

"Kita harus memikirkan cara membuat kopi di stasiun antariksa sama persis dengan cara kita membuat kopi di Bumi. Kesulitan lainnya adalah mematuhi peraturan keamanan agar mesin kopi tersebut bisa dikualifikasikan sebagai 'On-Board software' di ISS," ujar Alberto Cabilli, manajer riset dan pengembangan Lavazza, seperti dilansir VOA News.

Mesin tersebut, disebut ISSpresso, mengatasi ketiadaan gravitasi dengan menembakkan air bertekanan melalui kapsul kopi. Cristoforetti membawa mesin tersebut untuk diuji coba ketika ia terbang kembali ke ISS akhir pekan lalu.

"Konsep mesin kopi ini adalah untuk uji coba, jadi kami mulai dengan eksperimen demonstrasi teknologi, tapi NASA sangat tertarik dengan mesin ini dan menyimpannya di stasiun untuk jangka waktu panjang, bukan hanya untuk membuat beberapa cangkir kopi," ujar David Avino, Direktur Argotec.

"Jadi artinya, kemungkinan besar bila semuanya berjalan lancar, setelah demonstrasi teknologi ini, mesin kopi tersebut akan disimpan di ISS dan bisa digunakan oleh semua astronot di stasiun luar angkasa tersebut," lanjut Avino.

Selain berfungsi sebagai mesin pembuat kopi, ISSpresso juga memiliki kemampuan membuat teh dan sup.

No comments:

Post a Comment