Thursday, December 4, 2014

Memanfaatkan Ampas dan Bubuk Kopi


Channel Kopi : Ingin tahu bagaimana memanfaatkan ampas dan bubuk kopi ? Berikut tipsnya!

1. Membumbui Daging 
Siapa sangka ternyata Anda bisa mengolah makanan berbahan daging (sapi, kambing, ikan, unggas) dengan air kopi? Seduh kopi yang cukup kental, rendamkan daging ayam, ikan, sapi, atau kambing Anda ke dalam air kopi tadi. Hasilnya, akan didapat rasa daging asap pada masakan Anda!

Namun jika Anda tak terlalu menyukai aroma daging asap dengan merendam daging mentah ke dalam air kopi sebelum diolah, cukup oleskan air kopi ke permukaan dagingnya saja. Setelah itu, olah masakan seperti biasa, namun dengan citarasa yang lebih lezat dari biasanya.

2. Mengurangi Selulit 
Bagi perempuan, ini tentu akan menjadi kabar gembira buat Anda semua! Ampas kopi dapat membantu menyamarkan selulit, lho! Caranya, jadikan ampas kopi sebagai scrub  yang dapat dioleskan ke bagian tubuh untuk mengurangi selulit.

3. Membantu Pengelupasan Kulit Mati 
Sangat mudah mengubah bubuk kopi menjadi formula untuk membantu pengelupasan kulit mati. Caranya, cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun atau minyak alami lain. Usapkan ke permukaan wajah sambil dipijat secara perlahan, kemudian bilas seperti sehabis mencuci muka dengan sabun wajah.

4. Mencerahkan Kulit Wajah 
Selain bermanfaat untuk membantu pengelupasan kulit mati, bubuk kopi juga dapat dijadikan masker untuk mencerahkan kulit wajah agar tak terlihat kusam. Menurut Dr Mehmet Oz, pakar bedah jantung yang juga pemilik acara The Dr Oz Show , cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun hingga berbentuk menjadi pasta. Oleskan ke permukaan wajah dan leher, diamkan selama 30 detik. Setelah itu, seka wajah dengan air hangat-hangat kuku sampai bersih. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah dan bersinar seketika.

5. Membuat Corak Unik pada Kertas 
Jika suasana hati Anda sedang gundah, ada baiknya Anda bermain-main dengan ampas kopi seusai Anda nikmati kopinya di pagi hari. Ambil sehelai kertas daur ulang dan kuas berujung kecil, buatlah gambar sesuai selera atau melihat contoh berbagai corak yang dapat Anda unduh dari internet. Voila!  Kini Anda memiliki sehelai kertas yang cantik, yang dapat Anda gunakan sebagai kertas surat. Kertas undangan, atau pun hiasan dinding bila diberi pigura.

No comments:

Post a Comment