Wednesday, October 8, 2014

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Minum Kopi?

Channel Kopi - KETIKA berbicara tentang kopi, mungkin banyak orang akan berpikir bahwa itu adalah minuman yang kurang sehat. Ya, kopi tidak baik untuk kesehatan jika diminum secara berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, tidak lebih dari empat cangkir sehari, kopi sebenarnya minuman yang aman yang bahkan mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Menurut para ahli di Harvard Medical School, kopi dapat mempengaruhi aktivitas dopamin dan daerah-daerah otak yang terlibat dalam proses pembentukan gairah, kesenangan dan pemikiran.

Ini yang terjadi pada tubuh ketika anda minum kopi:

1. Kopi/kafein memblok adenosin, suatu bahan kimia otak yang membantu anda rileks dan tertidur. 

2. Detak jantung, tekanan darah, dan kadar adrenalin meningkat. Tingkat hormon stres epinephrine dan norepinephrine juga meningkat.

Di sisi positif, membuat secangkir kopi setelah makan bermanfaat bagi mereka yang mengalami tekanan darah rendah. Di sisi negatif, orang yang sudah gelisah dan tegang mungkin merasa lebih stres setelah mendapat suntikan kafein.

"Minum secangkir kopi yang mengandung kafein ketika anda sedang stress dan cemas dapat semakin memperburuk keadaan," kata seorang profesor di departemen psikiatri dan ilmu saraf di Johns Hopkins University School of Medicine, Roland Griffiths, PhD, Seperti dilansir laman Care 2, Selasa (7/10).

3. Kafein meningkatkan aliran empedu.

Pada saat yang sama, kafein dan senyawa lain dalam kopi tampaknya mengurangi jumlah kolesterol dalam empedu. Seiring waktu, kolesterol dapat menumpuk di kandung empedu menyebabkan batu. Itulah sebabnya, kopi dipercaya dapat membantu dalam menyembuhkan batu empedu. 

4. Usus besar anda menjadi lebih aktif karena kafein bertindak sebagai pencahar. Kafein juga membantu lemak yang tersimpan gratis, sehingga tubuh anda dapat membakar lemak tersebut menjadi energi. 

5. Kafein merangsang kandung kemih untuk mengeluarkan urin lebih banyak yang dapat menyebabkan dehidrasi ringan. 

6. Kopi, teh dan cokelat juga mengandung antioksidan yang telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu. 

No comments:

Post a Comment