Sunday, June 7, 2015

Amungme Gold, Kopi dari Ketinggian 2.000 Meter di Atas Permukaan Laut

Channel Kopi - Kopi Amungme Gold adalah salah satu hasil budidaya pertanian dari para petani suku Amungme yang tinggal di dataran tinggi di Papua, Indonesia.

Kopi Amungme Gold dibuat dari varietas khusus kopi Arabika yang selama 40 tahun lebih telah dibudidayakan di dataran tinggi Papua. Masyarakat Amungme sendiri pertama kali mengenal bibit kopi ini pada tahun 1998 lalu. Masyarakat Amungme pun menanam bibit kopi ini secara organik, tanpa pupuk buatan ataupun bahan pestisida.

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat Amungme menjadi masyarakat yang mandiri serta memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Social Local Development & Community Relations (SLD/CR) terus melakukan pendampingan terhadap para petani kopi Amungme Gold tersebut.

Kopi yang ditanam di beberapa lembah di Papua, yakni Hoea, Tsinga dan Aroanop ini, ditanam menggunakan cara pemupukan dengan pohon pengikat nitrogen dan bahan mulsa serta kompos alami. Kopi Amungme Gold ini menjadi langka dan berharga, karena tidak sama sekali menggunakan pupuk kimia pestisida dan herbisida. Karena letaknya yang di dataran tinggi, kegiatan pemantauan dan pengiriman kopi ke pabrik pengolahan di Timika dilakukan dengan menggunakan helikopter.

Dalam menanam kopi ini, masyarakat Amungme pun menggunakan cara penanaman dengan sistem campuran dan bertingkat (mixed and multi-story cropping). Sistem tanam ini dilakukan agar masyarakat Amungme dapat memenuhi kebutuhan pangan mendasar mereka sebelum menanam tanaman perdagangan (cash crops).

Para petani kopi Amungme Gold telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika dan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) untuk fokus kepada ekstensifikasi lahan seluas 20 hektare di tahun 2012-2013 lalu.

Saat ini, kopi Amungme Gold telah melayani beberapa konsumen tetap. Diantaranya adalah Kantor PT Freeport Indonesia, Resto Timika, HERO Supermarket, Komunitas Kota Timika, Kuala Kencana dan Tembagapura.

Sumber jitunews

No comments:

Post a Comment